Jumat, 16 Desember 2016

Tugas 4 Telaah Kurikulum (10 September 2016)

Tugas 4 Telaah Kurikulum (10 September 2016)




RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)

RPP  adalah  rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling  luas mencakup 1 (satu) Komptensi Dasar  yang  terdiri  atas  1  (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.

Jika kita ingin membuat RPP tentu ada baiknya apabila kita mengetahui landasan pembuatan dan pengembangan RRP. Landasan RPP adalah berdasarkan Undang-Undang No.19  Tahun 2005 Pasal 20 yaitu “Perencanaan proses pembelajaran meliputi SILABUS dan RPP yang memuat sekurang-kurangnya Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pengajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian Hasil Belajar. Dari landasan ini kita ketahui bahwa apabila RPP yang anda buat dan kembangkan telah memuat 5 standar minimal RPP tersebut maka apa yang anda buat telah memenuhi standart minimal RPP.

Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

A. Ruang Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sebuah RPP dibatasi oleh ruang lingkupnya yaitu “RPP paling luas hanya satu KD yang terdiri atas 1 indikator atau beberapa buah indikator untuk satu kali pertemuan”. Dari sini dapat kita maknai bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa memuat beberapa indikator dan juga bisa kita gunakan untuk beberapa kali pertemuan. Tapi tentunya jika anda mampu membuat satu RRP untuk tiap satu pertemuan maka tentunya adalah lebih baik.

B.     Prinsip-pirinsip Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengikuti prinsip-prinsip berikut:
  1. RPP merupakan terjemahan dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam betuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP dikembangkan sesuai dengan yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar.
  3. RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik.
  4. RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik yang mandiri dan tak berhenti belajar.
  5. RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis.
  6. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan.
  7. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi, dan umpan balik.
  8. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belalajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  9. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

C.     Komponen dan sistematika Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Menurut Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 Lampiran IV tentang Implemenatasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran, RPP paling sedikit memuat:
  • Tujuan pembelajaranMateri pembelajaran
  • Metode pembelajaran
  • Sumber belajar
  • Penilaian
Komponen tersebut diwujudkan dalam format berikut:
Format RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : …………………………..
Kelas/ Semester : …………………………….
Tema/ Subtema : ………………………………
Alokasi Waktu : ………………………………
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.   ………………….. (KD pada KI-1)
2.   ………………….. (KD pada KI-2)
3.   ………………….. (KD pada KI-3)
Indikator: …………………..
1.    ………………….. (KD pada KI-4)
Indikator: …………………..
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahulaun (… menit)
2.    Kegiatan Inti (… menit)
3.    Penutup (… menit)
H. Penilaian
1.    Jenis/ Teknis Penilaian
2.    Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
3.    Pedoman Penskoran
 
D.    Langkah-langkah mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Menurut panduan teknis penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar, pengembangan RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik atau yang disebut RPP Tematik. RPP tematik adalah rencana pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan secara rinci dari suatu tema. Langkah-langkah pengembangan RPP tematik adalah:
  1. Mengkaji silabus tematik
  2. Mengidentifikasi materi pembelajaran
  3. Menentukan tujuan
  4. Mengembangkan kegiatan Pembelajaran
  5. Penjabaran jenis penilaian
  6. Menentukan alokasi waktu
  7. Menentukan sumber belajar.

              E.   Tujuan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Pembentukan RPP memiliki tujuan diantaranya adalah:

1.         Memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indicator.

2.          Memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek.

3.        Karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa.

4.        Karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.




Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar