TUGAS 3 TELAAH KURIKULUM (3 OKTOBER 2016)
Silabus
1. PENGEMBANGAN
SILABUS
A. Pengertian
Silabus
B. Landasan
Pengembangan Silabus
C. Pengembang
Silabus
D. Prinsip
Pengembangan Silabus
E. Tahapan
Pengembangan Silabus
F. Komponen dan
Format Silabus
G. Pengembangan
Silabus Berkelanjutan
1. Pengertian
Silabus
q Silabus adalah
rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu
yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, Indikator,materi
pokok/pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
q Silabus merupakan
penjabaran standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator ke dalam materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan pencapaian kompetensi untuk penilaian.
2. Landasan
Pengembangan SILABUS?
1. PERATURAN
PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL
PENDIDIKAN pasal 17 ayat (2).
2. PERATURAN PEMERINTAH
REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
pasal 20.
3. Pengembang SILABUS
1. Guru kelas/mata
pelajaran, atau
2. Kelompok guru
kelas/mata pelajaran, atau
3. Kelompok kerja
guru (KKG/MGMP), atau
4. Dinas Pendidikan
4. Prinsip
Pengembangan SILABUS
1. Ilmiah
2. Relevan
3. Sistematis
4. Konsisten
5. Memadai
6. Aktual dan
Konseptual
7. Fleksibel
8. Menyeluruh
5. Tahapan
Pengembangan SILABUS
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Perbaikan
4. Pemantapan
5. Penilaian
Pelaksanaan
6. KOMPONEN
SILABUS
Identitas
Kode Standar Kompetensi
Standar Kompetensi
Standar kompetensi mata pelajaran adalah batas dan arah
kemampuan yang harus dimiliki dan dapat dilakukan oleh peserta didik setelah
mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu, kemampuan yang
dapat dilakukan atau ditampilkan siswa untuk suatu mat pelajaran, kompetensi
dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki siswa, kemampuan yang harus
dimiliki oleh lulusan dalam dalam suatu mata pelajaran tertentu. Standar
Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar
Isi.
Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal pada tiap mata
pelajaran yang harus dicapai siswa. Kompetensi dasar dalam silabus berfungsi
untuk mengarahkan guru mengenai target yang harus dicapai dalam
pembelajaran.Misalnya, mampu menyelesaikan diri dengan lingkungan dan
sebagainya.Kompetensi Dasar terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006
tentang StandarIsi.
Indikator
Indikator hasil belajar adalah ciri penanda ketercapain
kompetensi dasar.Indikator dalam silabus berfungsi sebagai tanda-tanda yang
menunjukkan terjadinya perubahan perilaku pda diri siswa.Tanda-tanda ini lebih
spesifik dan lebih dapat diamati dalam diri siswa, target kompetensi dasar
tersebut sudah terpenuhi atau tercapai.
Materi Pembelajaran atau materi pokok
Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari
siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan
menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator pencapaian
belajar.Secara umum materi pokok dapat diklasifikasikan menjadi empat
jenis,yaitu fakta,konsep,prisip,dan prosedur.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran adalah bentuk atau pola umum kegiatan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.Strategi pembelajaran meliputi kegiatan
tatap muka dan non tatap muka (pengalaman belajar).
Penilaian
Penilaian adalah jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan
untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan belajar siswa.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah waktu yang diperlukan untuk menguasai
masing-masing kompetensi dasar.
Sarana dan Sumber Belajar
Sarana dan sumber belajar adalah sarana dan sumber belajar
yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
format-silabus.png
7. Pengembangan
SILABUS berkelanjutan
Silabus:
• Dijabarkan
ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
•
Dilaksanakan, dievaluasi, dan ditindaklanjuti oleh masing-masing guru
• Dikaji dan
dikembangkan secara berkelanjutan dengan memperhatikan masukan hasil evaluasi
rencana pembelajaran, evaluasi proses (pelaksanaan pembelajaran), dan evaluasi
hasil belajar.
Sumber :
1. Perkembangan
silabus Villa Anggrek PDF
2. Source:
http://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-silabus-dan-tahapan.html
Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar