Jumat, 16 Desember 2016

TUGAS 3 TELAAH KURIKULUM (3 OKTOBER 2016)

TUGAS 3 TELAAH KURIKULUM (3 OKTOBER 2016)

Silabus
1.      PENGEMBANGAN SILABUS
A.     Pengertian Silabus
B.     Landasan Pengembangan Silabus
C.     Pengembang Silabus
D.     Prinsip Pengembangan Silabus
E.      Tahapan Pengembangan Silabus
F.      Komponen dan Format Silabus
G.     Pengembangan Silabus Berkelanjutan

1.      Pengertian Silabus
q  Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, Indikator,materi pokok/pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
q  Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan pencapaian kompetensi untuk penilaian.

2.       Landasan Pengembangan SILABUS?
1.  PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN pasal 17 ayat (2).                                                                     
2.  PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN pasal 20.

3.     Pengembang  SILABUS
1.    Guru kelas/mata pelajaran, atau
2.    Kelompok guru kelas/mata pelajaran, atau
3.    Kelompok kerja guru (KKG/MGMP), atau
4.    Dinas Pendidikan

4.     Prinsip Pengembangan  SILABUS
1.      Ilmiah
2.      Relevan
3.      Sistematis
4.      Konsisten
5.      Memadai
6.      Aktual dan Konseptual
7.      Fleksibel
8.      Menyeluruh

5.    Tahapan Pengembangan SILABUS
1.       Perencanaan
2.       Pelaksanaan
3.       Perbaikan
4.         Pemantapan
5.         Penilaian Pelaksanaan

6.     KOMPONEN SILABUS
Identitas
Kode Standar Kompetensi
Standar Kompetensi
Standar kompetensi mata pelajaran adalah batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan dapat dilakukan oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu, kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan siswa untuk suatu mat pelajaran, kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki siswa, kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam dalam suatu mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa. Kompetensi dasar dalam silabus berfungsi untuk mengarahkan guru mengenai target yang harus dicapai dalam pembelajaran.Misalnya, mampu menyelesaikan diri dengan lingkungan dan sebagainya.Kompetensi Dasar terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang StandarIsi.

Indikator
Indikator hasil belajar adalah ciri penanda ketercapain kompetensi dasar.Indikator dalam silabus berfungsi sebagai tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya perubahan perilaku pda diri siswa.Tanda-tanda ini lebih spesifik dan lebih dapat diamati dalam diri siswa, target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi atau tercapai.
 
Materi Pembelajaran atau materi pokok
Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator pencapaian belajar.Secara umum materi pokok dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis,yaitu fakta,konsep,prisip,dan prosedur.

Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran adalah bentuk atau pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.Strategi pembelajaran meliputi kegiatan tatap muka dan non tatap muka (pengalaman belajar).

Penilaian
Penilaian adalah jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan belajar siswa.

Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah waktu yang diperlukan untuk menguasai masing-masing kompetensi dasar.

Sarana dan Sumber Belajar
Sarana dan sumber belajar adalah sarana dan sumber belajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar.


format-silabus.png

7.       Pengembangan SILABUS berkelanjutan
Silabus:
•          Dijabarkan ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
•          Dilaksanakan, dievaluasi, dan ditindaklanjuti oleh masing-masing guru
•          Dikaji dan dikembangkan secara berkelanjutan dengan memperhatikan masukan hasil evaluasi rencana pembelajaran, evaluasi proses (pelaksanaan pembelajaran), dan evaluasi hasil belajar.

Sumber :
1.      Perkembangan silabus Villa Anggrek PDF
2.      Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-silabus-dan-tahapan.html

Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar