Jumat, 16 Desember 2016

TUGAS 3 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (4 OKTOBER 2016)

TUGAS 3 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (4 OKTOBER 2016)

Ciri perkembangan:  progresif, kontinyu

a.       Sistematis: saling ketergantungan
b.      Progresif: maju, meningkat dan mendalam
c.       Berkesinambungan: perubahan pada bagian organism selalu beraturan.
d.      Terjadinya perubahan aspek  fisik dan psikis (kemampuan berfikir, mengingat dan berkreasi).
e.       Terjadinya perubahan aspek fisik dan psikis (imajinasi, fantasi dan realitas).
f.       Hilang tanda-tanda anak-anak.
g.      Peroleh tanda baru.

Erik Erikson
Teori perkembangan psikososial
1.      Fase bayi (0-1 tahun) “mulut”
2.      Fase anak-anak (1-3 tahun)
3.      Usian bermain (3-6 tahun)
4.      Usia sekolah (6-12 tahun)
5.      Adolesen (12-20 tahun)
6.      Dewasa awal (20-30)
7.      Dewasa (30-65 tahun)
8.      Usia tua

Teori perkembangan psikoseksual SIGMUND FRENUD
1.    Tahap Infantil (0-5 tahun)
Pembentukan kepribadian, tahap paling menentukan dalam membentuk kepribadian.
1.1 Fase oral (0-1 tahun) mulut menjadi sumber kenikmatan utama)
1.2 Fase anak (1-3 tahun) kenikmatan anak adalah menahan dan bermain dengan fungsi awal.
1.3 Fase falis (3-5/6 tahun)


2.    Tahap Laten (5-12 tahun)
Tahap paling baik untuk mengembangkan kecerdasan

3.    Tahap Genital (> 12 tahun)
Masa pubertas: alat-alat genital yang mulai berfungsi lebih sempurna menjadi perhatian utama.

Teori perkembangan kognisi jean piaget
1.         Sensori motor (0-2 tahun) pengetahuan anak diperoleh melalui interaksi fisik: menggenggam, menghisap
2.         Pra- Oprasional (2-6 tahun) simbol-simbol mulai dikuasai anak.
3.         Operasi konkret (6-11 tahun) sudah bisa membentuk operasi-operasi mental atas pengetahuan yang mereka miliki, contoh: dapat memecahkan masalah secara tegas.

4.         Operasi formal (11-tahun-dewasa) operasi mental tingkat tinggi remaja dan orang dewasa dapat berhubungan dengan peristiwa-peristiwa abstrak atau hipotensi (perkiraan-perkiraan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar