TUGAS 12 TELAAH KURIKULUM
PEMETAAN KI-KD
Nama
Sekolah : SMP
Negeri 2 Singaraja
Mata
Pelajaran : Seni
Rupa
Kelas/Semester :
VII / 1 dan 2
Tahun Pelajaran :
2016/2017
Kompetensi Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Tingkat Ranah
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Tingkatan Ranah
IPK
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi Waktu
|
1. Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, dan motivasi internal, toleransi, pola hidup
sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksisecara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber
lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
1.1 Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni
rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan
sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan
pembuatnya
2.3 Menunjukkan
sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan
dalam berkarya seni
1.1. Memahami konsep
danprosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam
1.1. Menggambar
flora, fauna dan benda alam
|
A5
A5
A5
A5
C2
|
· Melihat
gambar flora, fauna dan benda alam
· Membaca
buku tentang konsep danprosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam
· Menanyakan
cara menggambar flora, fauna dan benda alam
· Menanyakan makna gambar flora,
fauna dan benda alam di masyarakat
· Menghubungkan
antara konsep dan prosedurmenggambar flora, fauna, benda alam dengan
budaya setempat
· Mencari konsep
dan prosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan
sosial budaya di masyarakat
· Menunjukkan
makna yang terkandung pada gambar flora, fauna dan benda alam
dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
· Membandingkan konsep
danprosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam yang berkembang dalam
kehidupan sosial budaya di masyarakat
· Membuat
gambar flora, fauna dan benda alam
· Menyampaikan
hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
· Mempresentasikan secara lisan atau tulisan mengenai karya
yang dikerjakan
|
C1
C2
C5
C5
P1
A5
P4
P2
C5
|
Menggambar
flora, fauna dan benda alam
|
|
|
|
1.2. Memahami konsep
danprosedur menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi
ragam hias
1.2. Menggambar
gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
|
C2
|
· Melihat
gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Membaca
buku tentang konsep danprosedurmenggambar ragam hias flora dan
fauna serta geometrik
· Menanyakan
cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menanyakan makna gambar ragam
hias flora dan fauna serta geometrik
· Mendiskusikan
konsep danprosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Mencari
makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menghubungkan
antara konsep dan prosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik dengan budaya setempat
· Membandingkan konsep
danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang
dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
· Mengambar
ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
· Mempresentasikan secara lisan
atau tulisan mengenai karya
yang dikerjakan
|
C1
C5
C5
P1
P4
|
Ragam hias
flora dan fauna serta geometrik
|
|
|
|
3.3 Memahami konsep
danprosedur penerapan ragam hias pada bahan tekstil
1.3. Menerapkan
ragam hias pada bahan tekstil
|
C2
|
· Melihat
tekstil dengan gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Membaca
buku tentang konsep dan prosedur menerapkan ragam hias
flora dan fauna serta geometrik pada tekstil
· Menanyakankonsep ragam
hias flora dan fauna serta geometrik pada tekstil
· Menanyakanprosedur menerapkan ragam
hias flora dan fauna serta geometrik pada tekstil
· Mendiskusikan
konsep dan prosedur menerapkan ragam hias flora dan fauna serta
geometrik pada tekstil
· Bereksperimen
dengan beragam media
· Menghubungkan
antara konsep danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
dengan budaya setempat
· Membandingkan konsep
danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang
dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
· Membuat
kriya tekstil dengan motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
Mempresentasikan
secara lisan atau tulisan mengenai karya yang
dikerjakan
|
C1
C5
C5
P1
P4
P2
C5
|
Ragam hias
pada bahan tekstil
|
|
|
|
3.4 Memahami konsep danprosedurpenerapan
ragam hias pada bahan kayu
1.4. Menerapkan ragam hias
pada bahan kayu
|
C2
|
· Melihat
bahan kayu dengan gambar ragam hias flora danfauna serta geometrik
· Membaca
buku tentang konsep dan prosedur menerapkan ragam hias
flora dan fauna serta geometrik pada kayu
· Menanyakankonsep ragam
hias flora dan fauna serta geometrik pada bahan kayu
· Menanyakanprosedur menerapkan ragam
hias flora dan fauna serta geometrik pada bahan kayu
· Mendiskusikan
konsep danprosedurmenggambar ragam hias flora dan fauna serta
geometrik
· Mencari
makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
· Menghubungkan
antara konsep danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
dengan budaya setempat
· Membandingkan konsep
danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang
dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
· Membuat
kriya kayu dengan motif ragam hiasflora danfauna serta
geometrik
· Menyampaikan hasil pengumpulan dan
simpulan informasi yang diperoleh
Mempresentasikan secara
lisan atau tulisan mengenai karya yang dikerjakan
|
C1
C5
C5
P1
P4
P2
|
Ragam hias
pada bahan kayu
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar