Kamis, 05 Januari 2017

TUGAS 12 TELAAH KURIKULUM

TUGAS 12 TELAAH KURIKULUM


PEMETAAN KI-KD
Nama Sekolah           : SMP Negeri 2 Singaraja
Mata Pelajaran          : Seni Rupa
Kelas/Semester          : VII / 1 dan 2
Tahun Pelajaran       : 2016/2017
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Tingkat Ranah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tingkatan Ranah IPK
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1. Menerima, menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi,  pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksisecara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan kejadian yang tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut pandang/teori.

1.1  Menerima, menanggapi dan menghargai keragaman  dan keunikan karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1  Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui aktivitas berkesenian 
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli, dan santun terhadap karya seni rupa dan pembuatnya

2.3  Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian terhadap lingkungan dalam berkarya seni
1.1.   Memahami konsep danprosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam
1.1.  Menggambar flora, fauna dan benda alam

A5












A5









A5









A5










C2








·     Melihat gambar flora, fauna dan benda alam
·     Membaca buku tentang konsep danprosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam
·     Menanyakan cara menggambar flora, fauna dan benda alam
·     Menanyakan makna  gambar flora, fauna dan benda alam di masyarakat
·   Menghubungkan antara konsep dan prosedurmenggambar flora, fauna, benda alam dengan budaya setempat
·   Mencari  konsep dan prosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·   Menunjukkan makna yang terkandung pada  gambar flora, fauna dan benda alam dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·  Membandingkan konsep danprosedurmenggambar flora, fauna dan benda alam yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·     Membuat gambar flora, fauna dan benda alam
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·    Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan mengenai  karya yang dikerjakan

C1



C2




C5



C5




P1














A5








P4









P2



C5
Menggambar flora, fauna dan benda alam





1.2.   Memahami   konsep danprosedur  menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias
1.2.   Menggambar gubahan flora dan fauna serta geometrik menjadi ragam hias



C2
·  Melihat gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep danprosedurmenggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan cara menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Menanyakan  makna  gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·      Mendiskusikan konsep danprosedur menggambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·      Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·    Menghubungkan antara konsep dan prosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·      Membandingkan   konsep danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·     Mengambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·    Mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan mengenai  karya
yang dikerjakan






C1





C5



C5
















P1






P4












Ragam hias flora dan fauna serta geometrik




3.3  Memahami    konsep danprosedur penerapan ragam hias pada bahan tekstil
1.3.   Menerapkan ragam hias pada bahan tekstil



C2
·  Melihat tekstil dengan gambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·  Membaca buku tentang konsep dan prosedur  menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada tekstil
·  Menanyakankonsep ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada tekstil
·  Menanyakanprosedur menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik  pada tekstil
·      Mendiskusikan konsep dan prosedur menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada tekstil
·      Bereksperimen dengan beragam media

·    Menghubungkan antara konsep danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·      Membandingkan   konsep danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·   Membuat kriya tekstil dengan motif ragam hias flora dan fauna serta geometrik

·  Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
Mempresentasikan secara lisan atau  tulisan mengenai  karya yang dikerjakan








C1






C5





C5

















P1








P4






P2






C5






Ragam hias pada  bahan tekstil



3.4  Memahami   konsep danprosedurpenerapan ragam hias pada bahan kayu
1.4. Menerapkan ragam hias pada bahan kayu


C2
·      Melihat bahan kayu dengan gambar ragam hias flora  danfauna serta geometrik
·      Membaca buku tentang konsep dan prosedur  menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada kayu
·      Menanyakankonsep ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada bahan kayu
·      Menanyakanprosedur menerapkan ragam hias flora dan fauna serta geometrik pada bahan kayu
·      Mendiskusikan konsep danprosedurmenggambar  ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·      Mencari makna ragam hias flora dan fauna serta geometrik
·     Menghubungkan antara konsep danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik dengan budaya setempat
·     Membandingkan   konsep danprosedurgambar ragam hias flora dan fauna serta geometrik yang berkembang dalam kehidupan sosial budaya di masyarakat
·     Membuat kriya kayu  dengan motif ragam hiasflora danfauna serta geometrik
·     Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
Mempresentasikan  secara lisan atau  tulisan mengenai  karya yang dikerjakan







C1








C5





C5














P1







P4









P2



Ragam hias pada  bahan kayu




Tidak ada komentar:

Posting Komentar